Ads

Kotak Pencarian

Ads

Minggu, 09 Maret 2014

[Artikel] Kenapa E-mail Masih Digunakan?

Kehadiran social media tidak membuat e-mail sebagai salah satu alat berkomunikasi di Internet mati. Hingga saat ini, meskipun sebagian orang mempertanyakan apakah saat ini masih ada orang yang menggunakan e-mail di Internet (mungkin salah satunya anda) menganggap tidak terlalu dibutuhkan karena mudahnya akses sosial media melaui berbagai perangkat seperti pc maupun smartphone sehingga komunikasi bisa dilakukan secara real-time (contohnya fitur messenger BBM, Whatsapp, Line, dan lainnya.)


Meskpin dianggap penggunaan e-mail hanya sebatas ketika kita mendaftarkan akun di berbagai web, kehadiran e-mail masih di perlukan dan juga tentunya masih di gunakan untuk berbagai macam alasan. Berikut berbagai alasan kenapa e-mail masih digunakan dan perlu ketika anda membaca tulisan ini di Internet!

> E-mail sebagai akun utama.

Meskipun mendaftar di situs sosial media di mudahkan dengan hanya mengisi no telpon (hp) dan password saja. E-mail tentu saja di butuhkan untuk membuat kontak cadangan jika seandainya akun yang anda daftarkan bermasalah (tidak bisa dibuka/ dihack/ di blokir sehingga memerlukan password baru dalam beberapa kasus) sehingga memerlukan e-mail sebagai  akun kedua yang bisa digunakan untuk mendapatkan id/password baru.

> E-mail bisa menunggu.

Tidak seperti sosial media yang bisa kita cek secepatnya dan membalas respon secara simultan. Email bisa menunggu, artinya seperti kita menerima sebuah surat. Kita kadang membutuhkan waktu yang sesuai untuk membaca dan membalasnya tanpa harus terburu-buru. Oleh karena itu e-mail sangat cocok untuk di gunakan dalam berkorespondensi dengan orang lain yang memahami konsep berkomunikasi melalui e-mail.

> Tidak semua orang senang dengan konsep Sosial Media.

Artinya, ketika di sosial media kehidupan pribadi menjadi lebih transparan dan terbuka bagia siapa saja, tidak semua orang senang kehidupan pribadinya di ketahui oleh orang yang tidak dikenal. Oleh karena itu e-mail bisa digunakan untuk berkirim pesan kepada orang yang baru kita kenal seperti rekan kerja/klien yang menggunakan jasa kita/ dan hal yang berhubungan dengan formalitas.

> E-mail sebagai kontak resmi

Dalam dunia kerja, mempunyai e-mail adalah nilai tambah. Kembali ke poin tiga, mengirim dan menerima e-mail adalah hal yang bersifat personal dan biasanya berhubungan dengan formalitas, seperti pekerjaan, study, ataupun hal lainnya. 

> E-mail sebagai pengganti file-hosting

Dengan fitur attachment, kita bisa menyimpan file apa saja yang bisa dikirimkan melalui penyimpanan gratis e-mail yang tersedia. Semakin hari kapasitas penyimpanan dari penyedia layanan email terus meningkat, jadi tidak perlu khawatir lagi untuk mengirimkan file yang berukuran besar karena e-mail bisa menggantikan peran bertukar file. 


1 komentar:

  1. Wah, aku suka banget pakai email. Untuk komunikasi sama teman-teman yang jauh aku lebih nyaman lewat email daripada media sosial (eg: Inbox FB, twitter, dll) :)

    BalasHapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.