Kotak Pencarian

BERIKLAN?

BERIKLAN?

Sabtu, 09 November 2013

[Artikel] Tempat tak Terduga untuk Mencari Ide

Bagi orang yang selalu produktif dalam berkarya, mencari ide adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Kadang, ide baru tidak muncul begitu saja dan memerlukan keadaan dan waktu tertentu. Gw sendiri sebagai penulis merasakan jika stuck dalam membuat tulisan baru, maka menunggu saat dan momen yang tepat untuk pendapat ide baru. Selain ditentukan oleh momen, idea bisa muncul dari berbagai tempat, berikut tempat dimana gw kadang menemukan berbagai ide, entah itu menulis ataupun perencanaan dalam membuat sesuatu yang mudah hilang begitu saja. 


> Kamar Mandi / WC

Siapa saja pasti pernah mendapatkan ide-ide baru dan segar ketika berada didalamnya, entah itu mandi atau buang hajat. Bahkan didalam bahasa Inggris ada sebutan "Shower thought" yang artinya "Pemikiran yang muncul di kamar mandi". Tidak hanya ide, bahkan pemikiran-pemikiran yang membuat kita..."eh iya ya... kayaknya begitu deh bagusnya tadi...." atau yang terburuk adalah ingatan yang memalukan muncul "kenapa tadi gw melakukan hal kayak gitu sih.."

> Dijalan Raya / Saat Berkendara

Ketika indera sibuk menjadi fokus memperhatikan situasi dalam berkendara, pikiran kadang berkelana kesana kemari dan kemudian munculah ide yang tak tertuga, apalagi saat mendengarkan musik. Paling tidak, hal seperti ini yang terparah adalah hilangnya konsentrasi dan kayaknya penyebab kecelakaan terjadi kalau kamu tidak bisa mengatur konsentrasi dan tidak terbawa pikiran.

> Tempat Ibadah

Sangatlah susah disangkal kalau anda sedang beribadah yang mana pikiran dan ingatan mengganggu konsentrasi anda untuk khusuk ibadah, dan tak bisa di pungkiri lagi ide selalu datang ketika kita mencoba untuk melupakan sejenak tentang dunia. Oleh karena itu seringkali kita menjadi serba salah apakah mengikuti idea yang muncul atau berusaha melupakannya. Yang jelas bagi kebanyakan orang, ketika mereka berkonsentrasi akan selalu muncul pikiran yang membuat tidak fokus. 

> Kelas; disaat pelajaran menjadi membosankan

Hal ini tidak berlaku jika kamu mengikuti kelas yang mempunyai materi dan guru menarik, disaat pikiran dimasuki oleh pengetahuan yang kamu tidak minati, ada sesuatu yang memberontak dalam kepala, bisa saja itu ide baru atau jika kamu sedang kecapekan, ujung-ujungnya pasti jadi mengantuk.

> Hang-out dengan kawan.

Dalam situasi kamu mengobrol dengan teman-temanmu dan kemudian topik pembicaraan tak menarik lagi, kamu mulai mengalihkan pikiran dan perhatianmu kepada diri sendiri, disinilah muncul ide-ide bermunculan. Kadangkali berdiskusi atau berdebat dapat memunculkan ide, hal yang paling dekat untuk menggali ide adalah ketika manusia berinteraksi satu sama lain. 

Silahkan pembaca menambahkan... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.