Ads

Kotak Pencarian

Ads

Kamis, 08 Agustus 2013

[Tips] Membuat Cerpen dengan Tema Anti-Mainstream

Menulis cerpen dulu merupakan hobi saya, ketika saya membuka buku catatan ketika SMA, saya menemukan beberapa cerpen yang pernah saya tulis. Beberapa cerpen yang pernah saya tulis saya selalu mintai komentar tertulis kepada orang yang membaca cerpen sebagai feedback. (Mungkin nanti saya akan postingkan contoh cerpennya).


Karena saya bukan seorang penulis cerpen, tetapi sebagai pembaca cerpen. Membuat cerpen dengan tema anti-mainstream mungkin adalah judul yang tepat untuk tips kali ini buat anda yang ingin tidak menjadi stuck dalam proses pembelajar membuat cerpen. Apa kelebihan anti mainstream? Tentu saja original, unik dan mempunyai ciri khas tersendiri untuk penulisnya.

Berikut beberapa hal bagaimana brainstorm membuat cerpen dengan tema anti-mainstream:

  • Membuat tema science-fiksi

Meskipun kebanyakan novel mempunyai tema fiksi yang utuh dan semua aspek bisa dijelaskan secara panjang lebar, cerpen dengan tema science-fiction juga bisa dibuat, hal yang menjadi tantangan dicerpen adalah pendeknya cerita dan bagaimana penulis menjelaskan science fiksi tersebut secara ringkas dan jelas. Contoh science fiksi sebagai berikut: tema luar angkasa, time-travel (jelajah waktu), post-apocalypse (dunia dalam kehancuran), dunia lain.
  • Membuat plot twist-ending (membingungkan pembaca) 

Tentu saja hal ini kadang membuat penulisnya bingung sendiri bagaimana membuat plot-twist didalam cerita, ketika anda menulis sebuah cerpen apa yang anda harapkan terhadap pembaca? Apakah mereka akan mengerti jalan cerita beserta endingnya? atau mereka kebingungan dengan akhir cerita?
'
  • Hal-Hal yang Abstrak

Menulis hal-hal yang abstrak adalah cara untuk membuat cerpen anti-mainstream, contohnya sesuatu yang janggal menjadi umum, seperti binatang yang berbicara ataupun benda mati sekalipun. Bisa juga anda membuat sesuatu yang berhubungan dekat dengan anda. Misalnya bagaimana abstraknya seorang penulis yang menceritakan sebuah karakter yang diciptakannnya ternyata hidup dan membuat cerita baru. (saya pernah nonton sebuah film yang menarik tentang hal ini).

Dasarnya hal yang anti-mainstream itu adalah sesuatu yang tidak lazim ketika awalnya orang tidak mengerti namun selanjutnya diterima mereka. Jika kamu punya ide yang menarik, share disini juga ya. 

4 komentar:

  1. ide gue sih gimana sendal jepit menuntut hak nya di pengadilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anthromorphisme gitu kah?
      Ya, selanjutnya dia adalah sandal jepit yg ditakdirkan untuk dipakai oleh tahanan korupsi, dan dia menyaksikan kejahatan dan kongkalingkong tersangka dalam berskandal ria di pengadilan. Gitu kah?

      Hapus
  2. Balasan
    1. ntar yaaa...
      sebenarnya banyak nih ide di kepala, tapi gak semput mulu buat nulis di blog ini.

      Hapus

Aturan memberi komentar:
1. Gunakan akun anda yang jelas supaya mudah di reply dengan meninggalkan e-mail atau link social media. Tidak disarankan menggunakan anon.
2. No spam, overload links, dan komentar yang tidak berhubungan.
3. Komentar anda akan di apresiasi jika anda memberikan tambahan dan saran, dan admin akan meletakkan di postingan.