Kotak Pencarian

Senin, 03 Desember 2018

Tentang : Menjadi Couchsurfing Ambassador

Saat ini ada begitu banyak platform media sosial yang bebas digunakan untuk menghubungkan banyak orang melalui Internet. Baik itu ditujukan untuk umum dan ruang publik seperti Facebook atau bentuk sosial media tertentu seperti Quora yang ditujukan khusus bertukar ilmu pengetahuan dan bertukar jawaban, atau Goodreads yang menjembatani para pencinta buku dan karya tulis.

Nama Couchsurfing secara umumnya mungkin belum terlalu terkenal bagi netizen Indonesia, sebaliknya hampir semua traveler kenal atau punya akun sosial media Couchsurfing (CS). Platform social media yang sudah ada hampir dua dekade ini menjadi pilihan alternatif bagi para traveler untuk berinteraksi dengan sesama traveler lokal maupun internasional dimana penggunanya harus melakukan meet-up (hang-out), hosting (menerima tamu), ataupun surfing (menjadi tamu).

Semenjak gw lulus dari pesantren diawal tahun 2010 lalu dan mulai masuk dunia perkulian dengan mengambil jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Gw saat itu ingin mempraktekkan percakapan bahasa Inggris secara langsung dengan lawan bicara yang tentunya fasih bahasa Inggris (native speaker). Oleh karena gw cari-cari media apa saja yang bisa membuat gw bisa bertemu dengan penutur asli. Tentunya Couchsurfing merupakan pilihan tepat dan nomor satu dari sekian banyak situs bertukar bahasa yang rata rata interaksinya melalui dunia maya. Selain itu bisa mempraktekan bahasa secara langsung didunia nyata, gw bisa juga belajar dan bertukar kebudayaan secara langsung dengan menerima tamu native speaker yang gw undang melalui CS.

Bisa dibilang CS merupakan komunitas dengan anggotanya yang banyak tersebar dihampir seluruh kota besar. Tiap regional mempunyai semangat untuk menjaring silaturahmi dengan mengenal anggota, jadilah CS memberikan ruang anggotanya untuk bersosialisasi dengan hang-out bareng, jalan bareng (yang identik dengan sifat komunitas traveling), atau sekedar mengadakan kegiatan sosial lainnya. Hampir dibilang dikota besar, komunitas CS sangat aktif dan tidak ada matinya dengan berbagai event yang tentu mempunyai daya tarik dihadiri oleh traveler internasional yang kebetulan nimbrung atau singgah di kota bersangkutan.

Hal yang diatas tak berlaku di Banjarmasin. Dimana gw diawal awal bergabung dulu gw ingin meramaikan komunitas ini dimana ada sedikit anggota lokal yang tertarik dengan bertemu traveler dari belahan dunia,  jadilah komunitas CS dianggap seperti komunitas traveler lain. Padahal menurut gw CS is more than that. Gw pengen bahas masalah ini lebih lanjut,  mungkin lain kali saja. Disini gw pengen membahas lebih tentang ambassador Couchsurfing yang mana dalam beberapa bulan ini gw didapuk menjadi salah satunya.

Sebenarnya CS tidak dan bukanlah organisasi yang mempunyai sifat hirarki seperti ketua dan beserta direksi jajarannya, tetapi diwebsite ini rupanya mempunyai "leader" lokal yang disebut ambassador atau duta besar. Ambassador mempunyai tugas untuk memberikan pemahaman tentang spirit "What does it like on Couchsurfing" serta memperkenalkan mekanisme CS kepada member baru. 

Keterlibatan gw dalam CS tidak se-massive waktu kuliah dulu, ada gap ketika gw harus "berhenti" sementara dalam CS karena harus mengurusi tugas skripsi dan kegiatan un-prodictive lainnya. Bisa dibilang gw bersemangat untuk mengenalkan CS kepada daerah lokal. Jadi meskipun saat kuliah dulu gw bukan ambassador CS dan hanya sebagai member biasa. Gw ingin memajukan CS lokal supaya rame juga kayak kota lain dan kinerja gw mengumpulkan member lokal beraktivitas bareng sering dilakukan hampir tiap minggu, bisa dibilang juga karena saat itu momen awal awal komunitas traveling bermunculan. Kira kira begitulah program kerja gw kalau program ini kayak pemilihan caleg. 

Saat ini, suasananya berbeda, kesibukan gw mengurus bisnis dan istri, serta jarangnya traveler yang datang atau menggunakan CS membuat komunitas lokal mati suri. Dari pantauan gw, ada member member baru yang aktif tapi lebih bersifat pribadi sedangkan member lama yang dulunya aktif tidak lagi berdiam di Banjarmasin atau mempunyai kesibukan baru. So gw pun mencoba mengontak anggota yang kelihatan baru dan aktif untuk meet up bulanan dan bikin event yang tematikal agar CS Banjarmasin lebih aktif lagi.

30 Agustus 2018