Kotak Pencarian

Sabtu, 24 Januari 2015

[Gaming] Pepsiman; Game Running ala Temple Run (PsX)

Game pelopor dari genre action-running seperti Temple Run dan sebagainya adalah Pepsiman yang sempat populer pada tahun 2000an di PS 1. Sebagai pendahulu game action-running, di review gaming kali ini Pepsiman bakal kita bahas secara lengkap. 






Overview 


Pepsimen adalah game PSX (PS1) yang dikembangkan sebagai promotional product oleh Pepsi pada. Kepopuleran game ini terletak pada gameplaynya yang tidak lazim dimana kita memainkan karakter Pepsimen yang harus berlari vertikal sepanjang permainan. Misinya sederhana, Pepsimen harus menuju garis finish dengan melewati berbagai rintangan konyol dan jebakan yang muncul selain mengumpulkan kaleng pepsi sebagai point guna menambah persediaan nyawa. Ada 5 stage untuk menyelesaikan Pepsimen. Gw pernah menyelesaikan game ini dalam waktu 1 jam. Jika berhasil menyelesaikan semua stage, kita akan mendapatkan karakter Pepsimen baru dengan warna merah (sebagian ada yang mengatakan kalau itu adalah Coca-colaman. Sebagai tambahan, disetiap stage ada cutscene live action yang tidam ada hubungannya sama sekali dengan permainan, yaitu bapak-bapak yang kecanduan Pepsi dan meracau tentang Pepsiman.

Control

Untuk mengendalikan Pepsiman, tidak banyak tombol yang diperlukan. Pemain hanya perlu melompati dan sliding setiap rintangan. Selain itu ada juga kontrol berlari cepat (dash) dan rem (brake).

Graphic

Hal yang paling saya suka dari grafis Pepsiman adalah ilustrasi rintangan yang muncul selama Permainan yang tidak monoton dan meskipun terkadang tidak masuk akal tetapi sangat konyol (seperti orang-orang dan objek yang niat banget mencelakakan Pepsiman).

Sound

Baik soundtrack dan sound effect, keduanya sangat catchy dan sangat identik dengan grafic yang ditampilkan meskipun kadang terdengar lucu dan tidak masuk akal.

Fun

Bermain Pepsiman merupakan pengalaman gaming yang enjoyable, dimana kita tidak harus terpaku untuk menyelesaikan game ini karena bagi kebanyakan pemula sangat sulit sehingga perlu trial-error. Dan menurut gw, hal inilah kenapa Pepsiman menjadi favorit, untuk menguasainya perlu waktu dan jika sudah terbiasa akan menjadi game yang enak dibuat santai ditambah lagi, game ini bagus utuk melatih kordinasi mata dan juga daya ingat kita.

Creativity

Menggabungkan sebuah produk minuman dengan permainan action-running adalah ide bagus, ditambah unikknya gameplay dan visualisasi. Pepsiman adalah satu game PS 1 yang patut dicoba karena untuk kacamata Android gamers. Game inilah yang boleh disebut pionir game action running.