Kotak Pencarian

Senin, 12 November 2012

[Internet] Menyikapi Website dan Blog SARA

Di internet, siapa saja bisa berbuat semaunya tanpa mengindahkan etika berinternet. Terlepas dari user yang menggunakan id pribadi ataupun bersifat anonim yang notabene sulit dilacak. Kita seringkali menemukan konten-konten yang memuat unsur penghinaan SARA (Suku, Ras, dan Agama). Bagaimana seharusnya kita menyikapi hal tersebut? Ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan.



1. Jangan pernah memberikan tanggapan terhadap web atau blog tersebut. Biarkan saja pemiliknya menulis apapun. Dengan tidak memberikan respon, tindakan ini membuat penulisnya putus asa dan akan berhenti sendirinya.
2. Laporkan konten web kepihak yang berwenang, misalnya sebuah blog yang mempunyai di-host di Blogspot, kita bisa menggunakan fitur report untuk melaporkan web tersebut untuk ditindak-lanjuti.
3.Jangan menyebarkan link web ke khalayak yang lebih luas, dengan menyebarkan link, itu sama saja memberikan promosi gratis buat pemilik webnya.

Tips sederhana ini bisa kamu aplikasikan jika kamu menemukan konten web atau blog yang berpotensi meresahkan masyarakat. Adapun jika konten bersifat sesuatu yang mengandung perusakan nama baik dan menimbulkan fitnah. Ada baiknya melaporkannya kepihak kepolisian agar cepat ditindak.