Kotak Pencarian

Sabtu, 08 Desember 2012

[Tips] Cara Menjadi Qori

Postingan ini bukan tentang bagaimana untuk menjadi sosok seperti gw, tapi pas kemaren cek traffic blog ini ada salah satu keyword yang menarik perhatian gw "Bagaimana Cara Menjadi Qori, pastinya menjadi Qori disini tentu beda maksudnya, bagi yang gak ngerti maksudnya adalah Qori itu orang yang baca Qur'an dengan merdu yang kita sering dengar dipengajian-pengajian itu, oleh karena itu mari kita bahas hal satu ini.



Meskipun nama gue Qori, tapi bacaan Qur'an gw gak seperti Qori, tapi gw minimal udah lancar baca Qur'an. Untuk menjadi Qori, gw kasih beberapa saran bermanfaat untuk memulai. Sebenarnya siapa saja bisa menjadi pembaca Qur'an yang bagus. Tinggal luruskan niat, rajin berlatih dan minum susu real good.

Oke here we go.

1. Kuasai Ilmu Tajwid

Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mengenali kaidah-kaidah membaca Qur'an dengan baik dan benar. Jika ingin menjadi Qori, kita wajiblah menguasai ilmu yang satu ini. Dengan ilmu tajwid kita mengetahui bagaimana cara pengucapan kosa kata Arab dengan fasih dan juga mengenali tanda baca Qur'an. Oleh karena itu dalam mempelari ilmu ini diperlukan guru, tidak disarankan otodidak.

2. Berlatih Pernafasan

Tentunya, hal ini sangat penting bagi pemula. Membaca Qur'an dengan merdu tentu memerlukan nafas yang panjang. Ingat, dalam hal ini ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari. Salah satu metode bagus untuk memperlancar pernafasan adalah melakukan gurah. Gurah adalah pengobatan tradisional dimana kita mengeluarkan lendir kotoran dari dalam tubuh kita.

3. Mencari Guru / Ustadz Pembimbing

Dalam belajar ilmu agama, tentu harus ada yang membimbing kita dalam mempelajarinya. Poin ini sangat penting dalam menjadi seorang Qori.  Dengan bantuan Ustadz, akan mempermudah kita dalan  menentukan arah pembelaran kita.

Baiklah, itulah 3 hal menurut gw bagaimana untuk menjadi Qori, saran dan masukkan berguna akan saya tambahkan dan update nantinya. Sekedar saran tambahan, untuk memperlancar bacaan Qur'an, minimal baca satu juz perhari. Insya Allah bakal lancar.