Kotak Pencarian

Selasa, 01 Desember 2015

[Monthly Note] Tantangan Di Akhir Tahun

Jika dihitung apa yang gw sudah lalui di tahun ini, mungkin satu hal yang paling perlu gw ingat adalah gw akhirnya berhasil menyelesaikan skripsi dan dapat diwisuda di tahun ini. Sisanya, adalah harapan orang tua agar gw bekerja di bidang yang gw pelajari, yaitu menjadi guru yang tidak berafiliasi dengan kata honorer. Dan untuk mendapatkan hal status seperti itu tidak menjadi prioritas sekarang, karena satu; bahwa gw dalam beberapa bulan ini bekerja sebagai salesman. Dan kedua; ijazah gw juga gak langsung ajaib keluar dan gw masih mikirin apa sih yang paling ideal dalam menjalani hidup ini. 


Salah satu ciri-ciri kehidupan itu adalah adanya tantangan, dengan tantangan maka ada yang namanya bertahan (survive), seorang sales ditantang untuk menghadapi berbagai kendala saat penawaran dan juga bagaimana bertahan untuk mendapatkan hasil target penjualan yang memuaskan. Dan saat ini manusia mempunyai dan membuat tantangan sendiri-sendiri. Ada yang menantang dirinya sendiri ada juga ditantang orang lain, dan subjeknya berbeda beda tetapi garis besarnya gak lebih dari 3 hal, harta tahta dan wanita (kalau wanita ya sebaliknya). 

Bagi gw yang berpikir “sakau” kata atasan gw ini, gw mempunyai pemikiran-pemikan dan dugaan-dugaan dimana selalu membuat asumsi-asumsi, dan hal inilah yang gw harus tantang dalam kepribadian gw. Bisa dibilang, gw gak plin-plan dan punya prinsip. “Tetapi” ya tetapi dengan keadaan dan pengalaman hidup gw yang hampir seperempatnya gw selalu terpaku pada masalah yang gw buat sendiri. 

Marilah kita tinggalkan hal yang personal diatas. Bagi gw, saat ini gw menantang diri sendiri untuk menjadi lebih berkembang kearah positif, dan orang sekitar menantang gw apakah saat ini arah hidup gw harus disetir kesana-sini, intinya kembali kemasalah target. Sudah terlalu jamak orang membicarakan target hidup, dan fokus kesana merupakan hal yang positif, tetapi menikmati prosesnya yang kadang terlupakan. Dan saat inilah gw masih berkisar kemasalah pribadi. 

Sebelum menuliskan planning rencana 1 tahun kedepan, gw mau mengintip kebelakang apa saja hal yang “produktif” yang sudah gw lakukan. Gw melalui tahun-tahun yang bisa dibilang sebagai tahun semi pengangguran selama 6 bulan karena berkutat bagaimana menyelesaikan skripsi agar bisa mulai mengambil karir dan mengumpulkan pendapatan sendiri. 
  • Wisuda dan dapet gelar sarjana.
  • Dapet pekerjaan dan menjadi bujangan.
  • Memproduksi apa yang menjadi minat gw dalam musik, gaming dan menulis blog. 
Setidaknya itu saja yang bisa gw tuliskan….