Kotak Pencarian

Selasa, 01 September 2015

[Monthly Note] Merdeka untuk Kerja

Bulan kemerdekaan Indonesia sudah lewat, selain negara yang merdeka. Gw juga mendapatkan kemerdekaan dari sebuah situasi bernama kuliah. Hampir 5 tahun gw menghabiskan waktu dengan status mahasiswa. Meskipun sudah ikut sidang skripsi, gw belum mendapatkan toga sarjana dan merayakan satu hari bernama Yudisium di tengah bulan ini. Satu hal yang pasti, setelah menyandang pakaian kebesaran dan memakai topi rata yang ada ekornya. Gw akan mendapatkan sebuah gelar Sarjana Pendidikan yang bisa gw sematkan kapan saja ketika gw mengisikan formulir sebuah nama. 


Dalam 5 tahun terakhir, meskipun gw kadang kerja sampingan. Gw masih minta uang “jajan” sama orang-tua. Hasil pendapatan dari kerja sampingan sebenarnya berkisar kepada alat music dan gadget yang gw beli. Uang jajan biasanya gw pakai untuk membeli pulsa, isi bensin, dan kadang gw kumpulkan untuk nambahin barang wishlist yang mau gw pakai. Dibulan ini gw memutuskan, tidak lagi meminta uang jajan karena bahwasanya gw sudah seharusnya mandiri dan berpikir untuk mencari uang sendiri. Ortu, khususnya bapak gw sebelumnya selalu melarang untuk mengambil pekerjaan full-time karena takut katanya kuliah gak bisa focus. Tapi kalau di pikir, hampir satu tahun kebelakang bapak waktu gw dihabiskan untuk bagaimana menyelesaikan skripsi. Dan ada benarnya juga kalau mengambil pekerjaan disaat semester akhir sangat berpotensi kehilangan focus untuk menyelesaikan studi. Kalau orang sini bilang, “kecium bau duit” sebutannya. 

So, di penghujung bulan, gw scan beberapa sertifikat dan ijazah terakhir, dengan menggunakan wifi kampus yang gratisan, gw mencari beberapa lowongan pekerjaan. Ada yang freelance, ada juga yang fulltime. Hampir setiap lowongan yang mempunyai prospek bagus memerlukan kompetensi dan pengalaman kerja sebagai persyaratannya. Sedangkan pekerjaan freelance, meskipun syaratnya mudah tetapi sangat spekulatif dan kebanyakan tidak sesuai dengan kemampuan gw, kecuali sebagai pengajar les private yang bagi gw tidak terlalu susah-susah amat. 

Cardboard for Sale

Ada beberapa perusahaan yang gw bookmark untuk melamar, dan tentu semua peryaratan gw kirim. Tinggal menunggu kapan waktu untuk wawancara kerja. Saat ini gw belum memastikan apa gw diterima atau belum. Tetapi setidaknya gw mencoba dulu sambil memperhatikan kesempatan kerja yang ada. Dan salah satu pekerjaan sampingan gw sejak tiga tahun lalu, sebagai online seller. Gw tentu setidaknya mempunyai cadangan jika kesempatan untuk bekerja secara formal belum didapat. Cukup mengurusi weblog banjarmarket.com dan mengupdate item terbaru yang baru-baru ini gw jual, yaitu Google Cardboard murah meriah. Gw bisa bertahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meminta uang jajan.