Kotak Pencarian

Kamis, 07 Februari 2013

[Pendapat] Ngomongin Bule; Is Racist!

Apa sih menurut loe stereotype bule? Kebanyakan orang kita menyebut orang asing itu pasti dengan sebutan bule; rambut pirang, hidung mancung, tinggi, berkulit putih dan merupakan turis kaya punya banyak duit yang berlibur dan menghabiskan duitnya di negara kita tercinta Indonesia. Siapa yang memulai sebutan bule ini tidak ada yang tahu, tetapi sudah jamak buat orang kita menyebut orang asing sebagai sebutan bule.


Mungkin kalau loe kenal sama orang asing atau berteman ada yang menganggap biasa saja terhadap sebutan bule ini, tapi gw pernah nemu tuh orang asing yang marah disebut-sebut sebagai bule. Alasannya? Dia bilang simple, karena itu rasis.  Wat! Fakta baru nih menurut gw, gw pun berdiskusi tentang hal ini sama dia ketika kami jalan bareng.

Apa yang rasis dari menyebut orang asing itu sebagai bule? Bisa kita liat dari stereotype-nya. Apa sih itu stereotype? Stereotype itu merupakan anggapan-anggapan lazim yang bisa di bilang dibentuk dari pandangan personal seseorang terhadap suatu masyarakat yang menjadi anggapan umum, contohnya mungkin kita lebih mudah men-judge orang yang kita tidak suka karena ia berasal dari lingkungan yang berbeda dari kita lalu mengaggap semua orang yang di-judge itu sama saja semuanya, itulah stereotype.

Balik lagi ke masalah bule, jadi stereotype seorang bule udah jelas bagi kita, mungkin loe punya tambahan stereotype yang lain. Salah satu alasan kenalan gw itu gak suka di sebut sebagai bule, karena dia menganggap bule sebagai simbol supremasi kuliat putih. Tau gak sih kalau di barat sono kalau loe nyebut negro sama orang kulit hitam bakal di bilang rasis, padahal sebagian orang Indonesia pasti pernah nyebut-nyebut orang di Afrika sono sebagai negro padahal maksudnya bukan rasis, tapi karena ketidak tahuan mereka. Sama dengan sebutan bule ini, kebanyakan kita kurang mengetahui kalau kulit putih itu adalah merupakan simbol supremasi yang mana orang dibawah selain kuliat putih adalah lebih rendah derajatnya dari mereka. Itu anggapan sebagian dari mereka dulu, sekarang udah beda. Kalau ada yang nganggep dirinya kayak gitu, pastinya rasis banget bro.

Jadi kenalan gw itu gak suka sebutan bule karena dasarnya nyebut bule itu rasis. Lalu gw nanya, terus bilang apa dong? Dia bilang kalau udah kenal, panggil aja namanya. Kalau belum kenal apa? Foreigner aja orang bilang atau orang luar. So, bagaimana menurut pandangan loe?