Kotak Pencarian

Selasa, 09 Agustus 2011

[Artikel] Tentang Memelihara Tanaman


 Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tanaman adalah merupakan makhluk hidup yang mempunyai perasaan seperti hewan. Meskipun tanaman terlihat selalu diam dan tidak bergerak sama sekali. Pertumbuhan tanaman yang terlihat dari berkembang buah atau bunganya bisa menjadi petunjuk terhadap perasaan sebuah tanaman.


Kali ini kita akan membicarakan tentang tanaman, sebuah makhluk hidup hijau yang tumbuh dimana saja. Lebih spesifik lagi, kita membicarakan tentang tanaman peliharaan. Berbeda dengan binatang peliharaan, memelihara tanaman bisa menjadi lebih menyenangkan dan menantang tetapi tidak membuat banyak kesibukan dalam perawatannya.

Apa yang menyenangkan dari memelihara tanaman? Selain kita bisa melihat tumbuhan kita terus tumbuh setiap harinya, kita bisa bermain-main dengan tanaman kita. Selain hewan, seperti yang saya sebutkan dalam paragraf pertama. Tanaman juga punya perasaan. Dengan mengajaknya sedikit bicara yang bernada positif, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat menghasilkan bunga atau buahnya. Sebaliknya, jika kita jika anda memberikan sedikit kata negatif seperti membentak atau mengejek, tanaman juga merasakannya.

Selain mengajak sedikit bicara,*tentunya pembicaraan monolog dan terlihat gila. Memberi makan tanaman tidak membutuhkan biaya banyak, cukup membutuhan air segar yang diberikan 2 kali sehari atau kapan saja anda mau. Yang penting tetap menjaga tanaman tersebut tetap dingin dan segar. Mudah sekali bukan?

Dua tanaman peliharaan saya; 
Terakhir, ada sedikit dialog dari cuplikan dari film yang saya pernah dengar. Seorang anak pernah bertanya kepada orang tua yang selalu membawa tanaman kemana saja. "Kenapa anda memelihara tanaman?" Kata anak itu. "Karena tanaman adalah teman yang tidak pernah mengeluh dengan keadaan anda." Jawabnya, singkat namun memberi sedikit penjelasan tentang postingan blog saya kali ini. Bagaimana dengan anda?