Kotak Pencarian

Rabu, 09 Maret 2011

[Artikel] Jenis Blogger Karbitan

Berita buruk saudara-saudara... Dalam pertarungan lomba blog geje speedy 2011 Banjarmasin, gue harus menerima kenyataan bahwa blog SPREADERZ gue yang tandingkan harus kalah begitu saja karena selera  jurinya ternyata tak sama seleranya dengan rasa blogging saya.*ngawur dulu...

Biar begitu, gue harus berlapang dada, meski dihibur temen gue Agung Aritanto dengan petuahnya "BUKAN REZEKI KAMU" gue jadi miki r kembali apakah kekalahan blog gue disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya posting yang gue pajang diblog Spreaderz dengan judul 3 Jenis Blogger Karbitan dan ciri-cirinya. Ok, ini dia salinan tulisannya dari blog Spreaderz yang gue bikin susah payah mendesainnya semalaman.


Karbitan dalam bahasa gaul Indonesia adalah diartikan dengan sesuatu yang menjadi ada secara mendadak. Ada banyak sekali hal-hal yang mengandung karbitan didunia ini, mulai dari makanan (mie instan), kecanggihan teknologi kayak oplas (operasi plastik), sampai pada profesi.
Blogger adalah salah satu profesi yang menjadi pilihan bagi orang yang tertarik sama dunia TI atau tulis menulis. Menjadi blogger tidak menjamin bahwa blog dan tulisan anda menjadi favorit atau idola bagi pembaca di internet kecuali mempunyai ciri khas khusus dan konsistensi pemilik blog itu sendiri menjalin komunikasi dengan pembacanya.
Kembali kemasalah karbitan, dalam dunia blogging pun ada juga blogger karbitan yang gue cirikan sebagai berikut.
1. Blogger Karbitan yang membuat blog karena tugas sekolah, kampus dan juga karena ikut-ikutan lomba. Blogger seperti ini dipastikan jika tugas atau lomba selesai pasti menelantarkan blognya dan melupakan jauh-jauh dan kembali kepada aktifitas online yang lebih disukainya, kayak social networking atau main game online.
2. Blogger Karbitan karena hanya membuat blog untuk autis dan bisnis onlinenya. Sudah banyak gue menemukan blogger semacam gini. Bikin blog isinya copas semua dengan iklan yang bejibun Naudzubillah, diaksesnya lambat ditambah lagi pemilik blog yang autis gak nanggepin komentar pengunjungnya.
3. Blogger Karbitan hasil bentukan dari korban tren. Ngeliat publik figur dan idolanya ngeblog, dia ikut-ikutan ngeblog terus kalau nulis dalam blog isinya cuma cerita dia mulu, orang yang mampir keblog cuma bingung baca-baca cerita panjangnya yang isinya tentang hidupnya doang. Syukur kalau isinya ada yang bisa diambil pelajaran, nah kalau isinya cuma omong kosong doang, pantes disebut blogger karbitan.
P.s: Ok, kayaknya itu aja deh jenis dan ciri-ciri blogger karbitan, jujur yang gue tulis ini pengalaman pribadi gue ngeblog konsisten bertahun-tahun dan ngeliat pasang surut dunia blogging di Indonesia dan daerah gue sendiri di Kalimantan Selatan. Jika ada yang ingin menyanggah pendapat gue atau menambahkan, silahkan ya.. gue gak gigit kok.

YANG MENYANGGAH  DAN KOMEN YANG BERMUTU:
kamal mengatakan... 
 
menurut gw bro.. bloger karbitan atau bukan, itu bukan masalah..karena menurut gw ngeblog itu adalh hal yang menarik.. oke gw bahas satu2" 1.Blogger Karbitan yang membuat blog karena tugas sekolah.. "itu memang ada, tapi kadang aktifitas kita kan ga mungkin di dunia maya trus,, atau kadang mereka harus menyusun masadepannya..jadinya ditinggalin dech atau mereka belum punya keasikan sendiri didunia blogging. 2. Blogger Karbitan karena hanya membuat blog untuk autis dan bisnis onlinenya, klo itu sich sah-sah aja .. wong dia adminnya .. terserah mo bahas apa blognya... tapi klo copas benernya gw setuju juga sich" 3.Blogger Karbitan hasil bentukan dari korban tren, " nah yang ini nich.. jangan2 gw termasuk lagi..hehe..tapi postingan lo yang ini kan juga tentang lo cuy.. tentang pengalaman pribadi lo.. hehe.. sorry bro itu sich menurut gw.. see ya tetep semangaaaaaaaaaat"  
Qori Reader mengatakan... @Kamal:
yang kayak ente nih gue demen... 1. hmm, hampir tiap siswa sekarang kan rata-rata cari bahan dari blog, kalau yg skul di jurusan TI , pasti tuh bikin blog ato web tugasnya, 2. Kalau gw mempermasalahkan keautisannya.. blog sampah di internet yg kayak gitu. 3. hmm, oh.. kalau situ memandang kayak begitu silahkan, kalau gw sih ngeblog karena emang hobi nulis dan ngikutin prkembangan TI. @Jamal: waw,,, itu istilah saya sih. 
CORETAN HIDUP mengatakan... 
 
Wah, kalau aku mungkin nomor 3 kali ya. Habis mau bagaimana? Memang niat awal membuat blog hanyalah untuk mencatat peristiwa2 yg terjadi dalam kehidupanku. Dikomentarin atau tidak oleh orang lain tidak jadi masalah karena ya sifatnya personal gitu. Lagian kalau menulis sesuatu secara spesifik misalnya kesehatan atau teknologi, aku bukan orang dibidangnya. Jadi, aku nulis sesuatu yang aku sukai saja. Dan berhubung peristiwa kehidupanku adalah sesuatu yg rasanya sayang utk dilewatkan, ya aku tulis saja melalui media bog.
Penghuni 60 mengatakan...
Yg sabar sob... kegagalan itu adalah sebuah pembelajaran. semakin byk kita melampaui ketidakberhasilan, justru kita semakin mengarah kepada kesempurnaan. tp itu tergantung bagaimana kita bs mengoreksi diri. apa sih kekurangan kita? bkn lantas kita "tidak menerimanya" lalu membuat kita berhenti utk berkarya, atw menjelek2an karya org lain. hari ini km bs tidak berhasil, tp mungkin lain waktu? siapa yg tau kan?? so, tetap semangat!!! oya, soal blogger karbitan, entah itu istilah dri mana, yg aku tau seorg blogger sejati adalah yg tidak berhenti menulis. terserah mereka mau menulis apa... asalkan sesuai dgn etika sorg blogger.
Agung A. Kusuma mengatakan... 
 
sob, coba bayangin klo sobat jadi juara lomba blog geje speedy 2011 Banjarmasin, apakah sobat masih membuat postingan tentang blog karbitan?? sobat membuat postingan tentang blog karbitan kan karena latar belakang kekecewaan sobat yang kalah dalam lomba tsb, dan sobat menduga kekalahan sobat oleh blog2 karbitan tsb.. tapi kata uya kuya yang penting uneg2 sobat udah keluar dipostingan ini dan membuat sobat menjadi sedikit lega dan berlapang dada.. hehehe.. keep spirit yah.. :D
Qori Reader mengatakan...
@Coretan hidup: terserah anda sih.. inilah definisi saya.. saran saya sih kalau nulis gunakan ejaan yang bener dan hal yang bisa menginspirasi pembaca kita. Penghuni: tapi jangan memelihara kegagalan sebagai alasan kemenangan yang tertunda.. how long you can go? @Agung: yoi, tentu aja gue masih nulis itu dek :D its my opinion and experience. Kecewea? Jangan salah, itukan postingan primary saya diblog SPREADERZ, jadi salah besar kalau gue kecewa kalah lalu posting masalah hal kayak gini. Disini gue cuma mau copas artikelnya aja kok. Daripada tuh tulisan-tulisan didalam blog jelmaan karbitan gue itu ilang begitu aja, gue copas disini.