Kotak Pencarian

Minggu, 07 November 2010

[Pendapat] Puasa Facebook-an dan Alasannya

Sekarang gue udah bertahan selama 3 hari hidup tanpa buka situs fesbuk. Rencananya gue mau puasa fesbukan selama sebulan. Ya, jadi karena ada beberapa alasan yang ngebuat gue melakukan hal ini.

Sebenarnya gue ngebet banget pensiun meninggalkan dunia perfesbukan. Karena gue udah mikirin apa aja menjadi pertimbangan keputusan gue. Tetapi gue ngeliat keadaan dulu dengan mencoba berpuasa fesbukan sebulanan penuh tanpa rukun dan syarat. Apa sih reaksinya bagi kehidupan gue?

Ada beberapa alesan yang menyebabkan gue berpuasa fesbuk sebulan, kalo berhasl gue bakal mikir ulang untuk ngelakuin hal ini "Menghapus akun fb gue selamanya!"

Alasan Pertama:
Gue BOSAN dengan FB, karena hampir tiap waktu online gue cuma abis untuk fesbukan. Gue juga bosan sama update status friend gue di fb yang geje*gak jelas dan gitu-gitu aja tiap hari. Ngeluh, ngejek, pamer, doa,
blablabla...
Alasan kedua:
Gue MALAS sama FB, banyak yang nge-add gue cuma ngarepin update statusnya dikomen dan statusnya juga bikin males dibaca.Banyakan ABG labil pengen eksis punya ribuan temen, update statusnya gak kira-kira, pagi siang malem update terus, kalau bisa dalam mimpipun dia ngupdet status. Pengen nge-remove, ampir semua kayak gitu.
Alasan ketiga:
Yang ini nih yang terpenting: Gue pengen dilupakan temen-temen gue yang ada di FB. Hampir semua temen-temen lama gue udah punya Fb masing-masing. Gue gak bakal lagi update status dan tentunya gue gak bakal baca update statusnya. Mau die ngapain gue bakalan gak tau. Kan jadi asyik kalau ntar ketemuan kerasa banget tuh "feel" hubungan harmonisasi antar makhluk hidup ketika mereka saling berjumpa dalam jangka yang lama*yah, gue bacot geje...

Segitu dulu alasan gue puasa fesbukan. Gue GAK ANTI sama fesbuk jadi nulis kayak gini. Cuman gue mikir, kalau sepersekian jam dalam hidup gue habis hanya untuk fesbukan doang yang gak jelas juntrungannya, ya buang-buang umur sih namanya.

Gak semua juga yang di fesbuk itu negatif menurut gue. Ada juga hal positif yang gue dapet melalui fesbuk yang belum gue siap tinggalin. Baca status motivasi, liat hasil-hasil fotografi temen sehobi, dan juga nih yang paling penting "Fans gue bakal kehilangan gue dalam dunia perfesbukan." *Silahkan muntah...

UPDATE: KOMENTAR PEMBACA YANG MEMBANGUN NIH...

Bang Deny mengatakan... Tips agar melupakan facebook:

Banyak berita yang saya baca, banyak orang di pecat dari pekerjaan gara2 facebook. banyak orang cerai juga gara2 facebook, dan lain sebagainya. Tapi perlu diingat FACEBOOK itu "alat" yang tergantung penggunaannya, seperti pedang bermata dua. Yang disebutkan tadi, adalah sisi negatifnya, banyak juga sisi positifnya, seperti saling tugkar pendapat, saling berkomunikasi terutama dengan teman lama, promosi usaha, dsb. NAMUN jika anda menganggaf facebook tidak ada sisi positifnya dan ingin meninggalkannya secara permanen atau dengan alasan apapun termasuk yang diutarakan penulis diatas, ikuti saran2 berikut ini:

1. Saran yang sama, yang juga bisa digunakan untuk ini. bisa dilihat pada blognya: ARMI, AGUNG, dan ARGO (sengaja tidak pakai link, takut dikira spam). High Recomended yang ada di blognya ARMI

2. Kirim surat terbuka ke Media Amereka yang ditujukan kepada Mark Zuckerberg dengan bahasa sendiri yang intinya makian. Disarankan menggunakan bahasa Inggris, dan lebih disarankan lagi isinya ancaman bom dirumahnya. Insya Allah.. berhasil..

3. Cara yang lebih sadis adalah dengan menculik neneknya, dan meminta tebusan agar kita dilupakan difacebook namun akun tetap ada.

4. cara yang sedikit lembut adalah dengan menghapus akun sendiri kita secara permanen, seperti yang dilakukan oleh Mario Teguh untuk akun tweternya ketika dia men twet: Wanita Perokok Tidak Pantas Dijadikan Istri. Caranya?, cari ditempat lain.. Sangat mudah tapi tidak perlu disebutkan disini.

Demikian sedikit saran, mudah2an membantu. Menurut saya jika cuman puasa, itu hanya menyakitkan kita (tidak ada gunanya), tidak berfahala. Sebaiknya ikuti salah satu saran saya diatas.. tapi saran ini tidak disarankan 
 Update: 15 Oktober 2010